Minggu, 13 Januari 2013

Kota Alor Setar

Alor Setar, atau juga dikenal sebagai Alor Star tahun 2004-2008, adalah ibukota Kedah, Malaysia, kota terbesar di negara bagian Kedah, kota penting di pantai barat Semenanjung Malaysia. Kota ini merupakan tempat Kota Setar Centre Kabupaten Administrasi di Shah Muadzam Kota dan kota kerajaan Kedah, Kota Bukit Anak.

Alor Setar terletak 93 kilometer utara dari Butterworth, Penang dan 45 km dari perbatasan selatan Thailand. Alor Setar Kota dikelola oleh pemerintah daerah (PBT) Alor Setar Dewan Kota. Sebagai pusat transportasi di wilayah utara Semenanjung Malaysia, Alor Setar, yang mencakup lahan seluas 666 km2 (persegi) yang ditempati oleh lebih dari 300.000 ribu penduduk menurut sensus tahun 2010 adalah salah satu kota tertua di daerah.

Alor Setar yang juga merupakan kota penting negara bagian Kedah adalah salah satu kota besar di Kedah terpisah dari kota Sungai Petani, kota Kulim dan kota Langkawi. Kota-kota ini juga berkembang sejalan dengan perkembangan yang ada di Alor Setar.

Alor Setar dihubungkan dengan bagian utara negara bagian Semenanjung Malaysia dengan bandara, Sultan Abdul Halim Airport, baru dibangun pada tahun 2006 untuk melayani penerbangan domestik hanya tetapi juga menyediakan penerbangan internasional hanya untuk peziarah, melalui Expressway Utara-Selatan masuk dan keluar melalui tol plaza utara Alor, Alor Setar Selatan tol plaza dan tol plaza Alor Setar Hutan Kampung, sebuah stasiun kereta api di Pusat Kota Alor Setar, Shahab Perdana stasiun bis dan transportasi keluar dari daratan ke pulau Langkawi melalui Terminal Ferry Kuala Kedah.

Ini juga merupakan tempat kelahiran dari dua Perdana Menteri, YTM Tunku Abdul Rahman, Menteri pertama Perdana Malaysia, Tun Dr Mahathir dan bin Mohamad, Menteri keempat Perdana Malaysia. Banyak selebriti juga berasal dari Malaysia di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar